Senin, 15 Juli 2013

RENCANA STRATEGI BISNIS SALON KECANTIKAN DENGAN ANALISIS SWOT




 
‘’ BISNIS SALON KECANTIKAN BEAUTY KARTINI “
 Cakupan Rencana Bisnis
1.    Ringkasan Eksekutif
2.    Konsep Bisnis ( industry,struktur,cara berbisnis )
3.    Gambaran pasar
4.    Target Pasar
5.    Pesaing dan Kondisi persaingan
6.    Organisasi dan Manajemen
7.    Rencana keuangan
8.    Lampiran
  
 Kasus : Rencana Bisnis Salon Kecantikan Beauty Kartini
        Rencana bisnis yang dibuat oleh mahasiswa untuk mengembangkan sebuah salon kencantikan.Informasi yang ada banyak yang masih bersifat umum.

 Ringkasan Eksekutif
·        Salon kecantikan Beauty Kartini menawarkan pengalaman perawatan dari ujung kaki sampai ujung kepala dengan pelayanan yang eksklusif,Bagaikan Putri Raja yang dilayani oleh dayang-dayang.
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini menawarkan pelangganya ramuan kecantikan yang berkualitas tinggi yang bahan dasarnya berasal dari traditional Indonesia seperti alpokat,bengkoang,beras kota,mentimun,ramuan racik jamu,rumput laut,lidah buaya,minyak kemiri,herbal tea,susu ,dll.yang diracik oleh para peracik kecantikan yang handal.
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini akan dibuka pertama kali di Tondano,tapatnya akan berada di pusat pertokoan besar dan gedung-gedung perkantoran utama.suasana dan latar pegunungan serta pepohonan dan danau tondano menambah keeksotisan suasana dan udara yang fress.
  Konsep Bisnis
  Perbedaan dengan Salon Kecantikan yang lain :
  ^ Produk yang digunakan berkualitas tinggi
  ^ Layanan dan service untuk konsumen yang prima
  ^ Metode pemasaran yang unik baik melalui brosur,spanduk,selebaran,dari mulut ke mulut
  ^ Lokasi salon yang nyaman,bersih,dan menyenagkan
  ^ Desain dan atmosfer baik interior maupun exterior salon yang nyaman
  ^ Didesain dengan konsep minimalis modern.

Produk yang ditawarkan
·        Aneka jenis menu layanan service
^ Facial dengan menggunakan gaya asli Indonesia dengan menggunakan bahan dasar produk dalam negeri seperti; alpokat,lidah buaya,minyak kemiri,ketimun,bengkoang,beras asal kota,rumput laut,ramuan jamu,susu pembersih,dengan teknik tropical garden nature facial dll
^Gunting rambut gaya Korean style yang sekarang banyak diminati kwala muda
^Hair xtensien teknik penyambungan rambut
^Creambath
^Masker
^Manicure & Pedicure
^Smoothing
^Cat rambut /pewarnaan rambut
^Make up
·        Jenis pendukung lainnya Nail polish/color
·        Gaya style yang di makeover oleh tenaga profesional
·        Harga kompetitif/Terjangkau



 Aktivitas Pemasaran
·       Penjualan :
^ Untuk Pelanggan yang melakukan treatment facial dalam satu minggu 3x facial akan mendapatkan gratis facial 1x.
^ Pelanggan yang melakukan smoothing akan diberikan gratis 2x masker
^Pelanggan yang melakukan 3x treatment sekaligus akan mendapatkan bonus kekurangan harga 10 %
^Penawaran kartu “2 for 1’’
^ untuk perawatan anak-anak diberikan ruangan khusus dengan berbagai macam pilihan style icon kartun anak-anak untuk menghadirkan suasana yang menyenagkan,setiap anak akan diberikan kudapan khusus untuk membuat anak merasa lebih nyaman dengan menghadirkan tv edukasi untuk anak.
^jasa service ketika pelanggan tidak sempat datang ke salon maka kami memberikan pilihan untuk datang langsung ke rumah.
·        Materi-materi pendidikan /edukasi tentang seluk beluk kecantikan manfaat perawatan wajah,rambut,kuku dll
·        Penempelan logo salon sebagai icon/ciri khas dari salon kecantikan beauty Kartini,baik melalui poster,selebaran ,sapanduk,baliho,maupun pembuatan situs-situs atau media social seperti facebook,twiter dll
·        Strategi souvenir atau pemberian tandamata dengan tujuan agar pelanggan yang datang dapat mengingat salon BK yang didatanginya dengan ciri khas dari salon tersebut.
·        Pada hari-hari tertentu seperti menjelang hari-hari raya baik Natal,Pengucapan syukur,Tahun baru dan hari-hari perayaan lainnya diberikan discount 20% dari harga sebenarnya, tergantung dari treatment yang diinginkan.
 


  
     Layanan Pelanggan
·        Pemasaran internal melalui proses rekrutment,pelatihan dan motivasi para karyawannya
·        Pelatihan mengenai tata rias,hair staylist,blow,cara smoothing yang baik sesuai dengan tahanpan-tahapannya,facial dengan berbagai macam teknik,dll
·        Pakaian yang trendy,casual tetapi tetap rapi bersih dan nyaman dipakai.
·        Pelatihan cara meramu/racik ramuan facial dengan menggunakan bahan dasar tradisional.

Desain Tempat
·        Dirancang dengan konsep yang nyaman,minimalis namun tetap moderen
·        Suasana yang dimunculkan adalah simple moderenis,bergaya,nyaman,dan yang paling utama adalah kebersihan.didukung dengan suasana yang asri dikarenakan terletak di daerah pegunungan dengan adanya pepohonan yang rindang dan danau tondano yang indah sehingga memunculkan suasana udara yang segar dari dalam interior maupun eksterior.
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini akan bekerjasama dengan arsitek disain interior yang handal untuk merancang konsep yang telah digambarkan diatas.

Lokasi dan Pemilihan Wilayah
·        Pilihan lokasi dan wilayah salon adalah criteria pusat pebelanjaan,pusat pertokoan dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi,mudah dijangkau dan terlihat dari jarak yang cukup jauh,
·        Pilihan tempat adalah di masing-masing tempat yang pusat pembelanjaan ini memang sudah terkenal didaerah tersebut.
·        Tondano : Plasa,Jelita mart,Jmart
·        Tomohon : Mall cool,Grend Central,Century Mall
·        Manado : IT center,Mantos,Mega Mas,MCT,Marina Plasa

      Pasar
·        Pasar salon kecantikan di Indonesia
·        Pasar salon kecantikan dan tata rias pengantin ,weeding orgenaiser di indonesia
·        8 segmen berdasar studi dari  Martha tilaar
·        Positioning
^ ‘’Salon Kecantikan Beauty Kartini : Cantik dan elegant ‘’
^ ‘’Salon Kecantikan Beauty Kartini…Menikmati kecantikan dari dalam dan luar dengan Beauty Kartini ‘’

Pelanggan
·        Pasar sasaran adalah wanita karir,pekerja kantoran,bisnisman,remaja/ABG,wanita maupun pria usia dari anak-anak sampai orang dewasa dengan kelas social menengah ke atas.
·        Perusahaan berharap tingkat pemakaian jasa salon ulang atau konsumen cukup tinggi
·        Diharapkan ada konsumen memakai jasa service panggilan ketika pelanggan tidak mempunyai kesempatan datang langsung ke salon.
·        Pelanggan tidak hanya terbatas pada wanita tetapi juga pria maupun anak-anak.

Persaingan
·        Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas service dan bahan yang digunakan serta peralatan yang canggih yang digunakan .Pengenalan akan nama merek dan lokasi yang strategis.
·        Salon kecantikan Beauty Kartini akan bersaing dengan salon kecantikan lainnya yang sebelumnya memang sudah ada terlebih dahulu seperti LISA salon,MAYA salon,DEBORAHsalon,ANGEL salon dll.

Salon lain ini menawarkan jenis perawatan yang sama dengan harga yang kompetitif pula
ANALISIS SWOT ‘’
·        Kekuatan (Strength )
^ Lokasi
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini  terletak pada area yang strategis karena dilatarbelakangi oleh danau Tondano dengan suasana daerah pegunungan yang asri dilengkapi dengan pepohonan suasana alam yang eksotis dengan udara yang segar dan fress memberikan rasa nyaman yang tinggi bagi pengujung kota yang terbiasa dengan suasana yang panas,bising dan uapan-uapan gas emisi serta polusi udara dari pabrik.
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini mudah dijangkau baik rute kendaraan umum maupun kendaraan pribadi
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini terletak di antara jalan utama sam ratulangi Tondano  dimana dari daerah Tataaran,T omohon,R emboken,langoan,Eris,sampai didaerah pante seperti Kayuroya,K ayubesi,Kapataran,Maumbi,Watulaney,melewati jalur ini.

^ Konsep
·        Salon kecantikan Beauty Kartini menawarkan berbagai jenis perawatan mulai facial terlebih khusus dalam perawatan facial ini salon BK memberikan bahan utama dalam treatment ini yaitu bahan dasar yang memang semuanya berasal dari Indonesia seperti : bengkoang,mentimun,rumput laut,minyak kemiri,alpokat,beras kota ,ramuan racikan jamu nona mener dll.dengan menggunakan metode treatment nature garden.ini merupakan peluang besar bagi salon yang ada di tondano karena ini merupakan hal baru bagi bisnis salon di kota tondano.
·        Salon K ecantikan Beauty Kartini memiliki cukup tawaran perawatan untuk tubuh sehingga bukan hanya wanita karir tetapi dari berbagai lapisan masyarakat .seperti pangsa pasar perkantoran ataupun para pria yang ingin terlihat lebih cool/segar karena seiring dengan perkembangan teknologi, pria zaman sekarang sudah menjadi tuntutan bagi mereka untuk terlihat rapi,ganteng serta cool,dan pangsa pasar masyarakat umum lainnya.
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini bukan hanya melayani pria atau wanita dewasa tetapi juga bagi anak-anak ,bagi anak-anak kami memberikan konsep yang riang senang dan bermain agar ketika anak melakukan guntigan rambut atauperawatan lainnya ia akan merasa senang dengan memberikan sedikit kudapan snack atau acara tv yang menghibur.

^ Atmoshere
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini dirancang berdasarkan konsep bangunan yang minimalis namun tetap modern dan nyaman sehingga memberikan kenyamnan tersendiri bagi pelanggannya.
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini bagunannya berada di dekat danau Tondano sehingga memberikan suasana pegunungan yang asri didukung dengan udara serta pepuhonan yang rindang dengan udara yang segar /fress.sehingga hal ini menambah daya tarik baik secara eksterior maupun interior secara keseluruhan.

·        Kelemahan (Weakness)

·        Salon Kecantikan Beauty Kartini merupakan pendatang baru dalam bisis salon sehingga belum banyak diketahui oleh masyarakat luas (pasar).

·        Salon Kecantikan Beauty Kartini terletak berdekatan dengan salon kecantikan lainnya sehingga konsumen memiliki banyak pilihan salon.

·        Belum adanya pelanggan tetap oleh karena itu Beauty kartini melakukan banyak pendekatan dan strategi kepada konsumen




        Peluang (opportunity )
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini  dapat dimanfaatkan bagi konsumen yang ingin pergi ke acara khusus seperti acara pernikahan,ulang tahun,maupun acara resmi lainnya dengan menggunakan jasa make up untuk me makeover seseorang baik dari wajah,rambut sampai penampilan agar terlihat lebih menarik.
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini memiliki pilihan tawaran yang sama dengan salon yang lain ini menunjukan adanya peluang untuk dapat bersaing.
·        Salon Kecantiakan Beauty Kartini memiliki kemampuan untuk menarik pengunjung yang berasal dari perkantoran yang berlokasi dekat dengan salon,dan dengan adanya banyak relasi atau teman,sehingga dapat mempromosikan akan salon tsb.
·        Meskipun telah banyak beredar berbagai macam produk kecantikan,tatap usaha salon tetap memiliki daya tarik tersendiri dimana pada dasarnya wanita adalah makhluk yang ingin dimanjakan oleh karena itu jasa salon BK memberikan pelayanan extra untuk memberikan service terbaiknya.
            ^ Ancaman (Threat )
·        Salon Kecantikan Beauty Kartini terletak disekitar tempat usaha yang memiliki kesamaan jenis yang ditawarkan ,sehingga hal ini dapat mengurangi pasar potensialnya.
·        Pada perkembangan iptek saat ini banyak treatment yang dapat dilihat di jejaring-jejaring social sehingga dapat mengancam pangsa pasar salon.
·        Hadirnya peralatan seperti catok yang harganya mudah dijangkau dan peralatan-peralatan lainnya yang mudah didapat  sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan treatment pelurusan rambut sendiri tanpa menggunakan jasa salon.
·        Timbulnya produk-produk kecantikan seperti shampoo/creambath yang dapat mengancam pangsa pasar salon.
·        Jenis dan merek pewarnaan rambut yang beredar luas dipasaran  yang dapat mengancam pangsa pasar salon.


1 komentar:

  1. We are a legal organization created to assist People in need of help, such as financial assistance.

    So if you or you are in financial trouble in financial turmoil, and you need money to start your own business, or you need a loan to pay off your debt or pay your bills, start a good business, or have borrowed more Trouble from local banks, contact us today via Email: at catherinewilliamloancompany@gmail.com

    Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com


    Loan applications include:

    Name: _________
    Address: _________
    Country: _________
    Ocupation: _________
    Amount of Loan Needed: __________
    Purpose of Loan _________
    loan duration__________
    Monthly earnings: _________
    Telephone: _________

    Please contact us by e-mail

    Email us: catherinewilliamloancompany@gmail.com

    BalasHapus