‘’ BISNIS
SALON KECANTIKAN BEAUTY KARTINI “
Cakupan Rencana Bisnis
1. Ringkasan
Eksekutif
2. Konsep
Bisnis ( industry,struktur,cara berbisnis )
3. Gambaran
pasar
4. Target Pasar
5. Pesaing dan
Kondisi persaingan
6. Organisasi
dan Manajemen
7. Rencana
keuangan
8. Lampiran
Kasus
: Rencana Bisnis Salon Kecantikan Beauty Kartini
Rencana bisnis yang dibuat oleh
mahasiswa untuk mengembangkan sebuah salon kencantikan.Informasi yang ada
banyak yang masih bersifat umum.
Ringkasan Eksekutif
·
Salon kecantikan Beauty Kartini menawarkan pengalaman perawatan
dari ujung kaki sampai ujung kepala dengan pelayanan yang eksklusif,Bagaikan
Putri Raja yang dilayani oleh dayang-dayang.
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini menawarkan pelangganya ramuan
kecantikan yang berkualitas tinggi yang bahan dasarnya berasal dari traditional
Indonesia seperti alpokat,bengkoang,beras kota,mentimun,ramuan racik
jamu,rumput laut,lidah buaya,minyak kemiri,herbal tea,susu ,dll.yang
diracik oleh para peracik kecantikan yang handal.
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini akan dibuka pertama kali di
Tondano,tapatnya akan berada di pusat pertokoan besar dan gedung-gedung
perkantoran utama.suasana dan latar pegunungan serta pepohonan dan danau
tondano menambah keeksotisan suasana dan udara yang fress.
Konsep
Bisnis
Perbedaan
dengan Salon Kecantikan yang lain :
^
Produk yang digunakan berkualitas tinggi
^
Layanan dan service untuk konsumen yang prima
^ Metode
pemasaran yang unik baik melalui brosur,spanduk,selebaran,dari mulut ke mulut
^
Lokasi salon yang nyaman,bersih,dan menyenagkan
^
Desain dan atmosfer baik interior maupun exterior salon yang nyaman
^
Didesain dengan konsep minimalis modern.
Produk yang ditawarkan
·
Aneka jenis menu layanan service
^ Facial
dengan menggunakan gaya asli Indonesia dengan menggunakan bahan dasar produk
dalam negeri seperti; alpokat,lidah buaya,minyak kemiri,ketimun,bengkoang,beras
asal kota,rumput laut,ramuan jamu,susu pembersih,dengan teknik tropical garden
nature facial dll
^Gunting
rambut gaya Korean style yang sekarang banyak diminati kwala muda
^Hair
xtensien teknik penyambungan rambut
^Creambath
^Masker
^Manicure
& Pedicure
^Smoothing
^Cat rambut
/pewarnaan rambut
^Make up
·
Jenis pendukung lainnya Nail polish/color
·
Gaya style yang di makeover oleh tenaga profesional
·
Harga kompetitif/Terjangkau
Aktivitas Pemasaran
· Penjualan :
^ Untuk
Pelanggan yang melakukan treatment facial dalam satu minggu 3x facial akan
mendapatkan gratis facial 1x.
^ Pelanggan
yang melakukan smoothing akan diberikan gratis 2x masker
^Pelanggan
yang melakukan 3x treatment sekaligus akan mendapatkan bonus kekurangan harga 10
%
^Penawaran
kartu “2 for 1’’
^ untuk
perawatan anak-anak diberikan ruangan khusus dengan berbagai macam pilihan
style icon kartun anak-anak untuk menghadirkan suasana yang menyenagkan,setiap
anak akan diberikan kudapan khusus untuk membuat anak merasa lebih nyaman
dengan menghadirkan tv edukasi untuk anak.
^jasa
service ketika pelanggan tidak sempat datang ke salon maka kami memberikan
pilihan untuk datang langsung ke rumah.
·
Materi-materi pendidikan /edukasi tentang seluk beluk kecantikan
manfaat perawatan wajah,rambut,kuku dll
·
Penempelan logo salon sebagai icon/ciri khas dari salon kecantikan
beauty Kartini,baik melalui poster,selebaran ,sapanduk,baliho,maupun pembuatan
situs-situs atau media social seperti facebook,twiter dll
·
Strategi souvenir atau pemberian tandamata dengan tujuan agar
pelanggan yang datang dapat mengingat salon BK yang didatanginya dengan ciri
khas dari salon tersebut.
·
Pada hari-hari tertentu seperti menjelang hari-hari raya baik
Natal,Pengucapan syukur,Tahun baru dan hari-hari perayaan lainnya diberikan
discount 20% dari harga sebenarnya, tergantung dari treatment yang diinginkan.
Layanan
Pelanggan
·
Pemasaran internal melalui proses rekrutment,pelatihan dan
motivasi para karyawannya
·
Pelatihan mengenai tata rias,hair staylist,blow,cara smoothing
yang baik sesuai dengan tahanpan-tahapannya,facial dengan berbagai macam
teknik,dll
·
Pakaian yang trendy,casual tetapi tetap rapi bersih dan nyaman
dipakai.
·
Pelatihan cara meramu/racik ramuan facial dengan menggunakan bahan
dasar tradisional.
Desain
Tempat
·
Dirancang dengan konsep yang nyaman,minimalis namun tetap moderen
·
Suasana yang dimunculkan adalah simple
moderenis,bergaya,nyaman,dan yang paling utama adalah kebersihan.didukung
dengan suasana yang asri dikarenakan terletak di daerah pegunungan dengan
adanya pepohonan yang rindang dan danau tondano yang indah sehingga memunculkan
suasana udara yang segar dari dalam interior maupun eksterior.
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini akan bekerjasama dengan arsitek
disain interior yang handal untuk merancang konsep yang telah digambarkan
diatas.
Lokasi dan
Pemilihan Wilayah
·
Pilihan lokasi dan wilayah salon adalah criteria pusat
pebelanjaan,pusat pertokoan dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi,mudah
dijangkau dan terlihat dari jarak yang cukup jauh,
·
Pilihan tempat adalah di masing-masing tempat yang pusat
pembelanjaan ini memang sudah terkenal didaerah tersebut.
·
Tondano : Plasa,Jelita mart,Jmart
·
Tomohon : Mall cool,Grend Central,Century Mall
·
Manado : IT center,Mantos,Mega Mas,MCT,Marina Plasa
Pasar
·
Pasar salon kecantikan di Indonesia
·
Pasar salon kecantikan dan tata rias pengantin ,weeding orgenaiser
di indonesia
·
8 segmen berdasar studi dari
Martha tilaar
·
Positioning
^ ‘’Salon
Kecantikan Beauty Kartini : Cantik dan elegant ‘’
^ ‘’Salon
Kecantikan Beauty Kartini…Menikmati kecantikan dari dalam dan luar dengan
Beauty Kartini ‘’
Pelanggan
·
Pasar sasaran adalah wanita karir,pekerja kantoran,bisnisman,remaja/ABG,wanita
maupun pria usia dari anak-anak sampai orang dewasa dengan kelas social
menengah ke atas.
·
Perusahaan berharap tingkat pemakaian jasa salon ulang atau
konsumen cukup tinggi
·
Diharapkan ada konsumen memakai jasa service panggilan ketika
pelanggan tidak mempunyai kesempatan datang langsung ke salon.
·
Pelanggan tidak hanya terbatas pada wanita tetapi juga pria maupun
anak-anak.
Persaingan
·
Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas service dan bahan
yang digunakan serta peralatan yang canggih yang digunakan .Pengenalan akan
nama merek dan lokasi yang strategis.
·
Salon kecantikan Beauty Kartini akan bersaing dengan salon
kecantikan lainnya yang sebelumnya memang sudah ada terlebih dahulu seperti LISA
salon,MAYA salon,DEBORAHsalon,ANGEL salon dll.
Salon lain ini menawarkan jenis perawatan yang sama
dengan harga yang kompetitif pula
’ANALISIS SWOT ‘’
·
Kekuatan (Strength )
^ Lokasi
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini
terletak pada area yang strategis karena dilatarbelakangi oleh danau
Tondano dengan suasana daerah pegunungan yang asri dilengkapi dengan pepohonan
suasana alam yang eksotis dengan udara yang segar dan fress memberikan rasa
nyaman yang tinggi bagi pengujung kota yang terbiasa dengan suasana yang
panas,bising dan uapan-uapan gas emisi serta polusi udara dari pabrik.
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini mudah dijangkau baik rute
kendaraan umum maupun kendaraan pribadi
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini terletak di antara jalan utama sam
ratulangi Tondano dimana dari daerah Tataaran,T
omohon,R emboken,langoan,Eris,sampai didaerah pante seperti Kayuroya,K ayubesi,Kapataran,Maumbi,Watulaney,melewati
jalur ini.
^ Konsep
·
Salon kecantikan Beauty Kartini menawarkan berbagai jenis
perawatan mulai facial terlebih khusus dalam perawatan facial ini salon BK
memberikan bahan utama dalam treatment ini yaitu bahan dasar yang memang semuanya
berasal dari Indonesia seperti : bengkoang,mentimun,rumput laut,minyak
kemiri,alpokat,beras kota ,ramuan racikan jamu nona mener dll.dengan
menggunakan metode treatment nature garden.ini merupakan peluang besar bagi
salon yang ada di tondano karena ini merupakan hal baru bagi bisnis salon di
kota tondano.
·
Salon K ecantikan Beauty Kartini memiliki cukup tawaran perawatan
untuk tubuh sehingga bukan hanya wanita karir tetapi dari berbagai lapisan
masyarakat .seperti pangsa pasar perkantoran ataupun para pria yang ingin
terlihat lebih cool/segar karena seiring dengan perkembangan teknologi, pria
zaman sekarang sudah menjadi tuntutan bagi mereka untuk terlihat rapi,ganteng
serta cool,dan pangsa pasar masyarakat umum lainnya.
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini bukan hanya melayani pria atau
wanita dewasa tetapi juga bagi anak-anak ,bagi anak-anak kami memberikan konsep
yang riang senang dan bermain agar ketika anak melakukan guntigan rambut
atauperawatan lainnya ia akan merasa senang dengan memberikan sedikit kudapan
snack atau acara tv yang menghibur.
^ Atmoshere
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini dirancang berdasarkan konsep
bangunan yang minimalis namun tetap modern dan nyaman sehingga memberikan
kenyamnan tersendiri bagi pelanggannya.
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini bagunannya berada di dekat danau Tondano
sehingga memberikan suasana pegunungan yang asri didukung dengan udara serta
pepuhonan yang rindang dengan udara yang segar /fress.sehingga hal ini menambah
daya tarik baik secara eksterior maupun interior secara keseluruhan.
·
Kelemahan (Weakness)
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini merupakan pendatang baru dalam
bisis salon sehingga belum banyak diketahui oleh masyarakat luas (pasar).
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini terletak berdekatan dengan salon
kecantikan lainnya sehingga konsumen memiliki banyak pilihan salon.
·
Belum adanya pelanggan tetap oleh karena itu Beauty kartini
melakukan banyak pendekatan dan strategi kepada konsumen
Peluang (opportunity )
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini dapat dimanfaatkan bagi konsumen yang ingin
pergi ke acara khusus seperti acara pernikahan,ulang tahun,maupun acara resmi
lainnya dengan menggunakan jasa make up untuk me makeover seseorang baik dari
wajah,rambut sampai penampilan agar terlihat lebih menarik.
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini memiliki pilihan tawaran yang sama
dengan salon yang lain ini menunjukan adanya peluang untuk dapat bersaing.
·
Salon Kecantiakan Beauty Kartini memiliki kemampuan untuk menarik
pengunjung yang berasal dari perkantoran yang berlokasi dekat dengan salon,dan
dengan adanya banyak relasi atau teman,sehingga dapat mempromosikan akan salon
tsb.
·
Meskipun telah banyak beredar berbagai macam produk
kecantikan,tatap usaha salon tetap memiliki daya tarik tersendiri dimana pada
dasarnya wanita adalah makhluk yang ingin dimanjakan oleh karena itu jasa salon
BK memberikan pelayanan extra untuk memberikan service terbaiknya.
^ Ancaman (Threat )
·
Salon Kecantikan Beauty Kartini terletak disekitar tempat usaha
yang memiliki kesamaan jenis yang ditawarkan ,sehingga hal ini dapat mengurangi
pasar potensialnya.
·
Pada perkembangan iptek saat ini banyak treatment yang dapat
dilihat di jejaring-jejaring social sehingga dapat mengancam pangsa pasar salon.
·
Hadirnya peralatan seperti catok yang harganya mudah dijangkau dan
peralatan-peralatan lainnya yang mudah didapat
sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan treatment pelurusan rambut
sendiri tanpa menggunakan jasa salon.
·
Timbulnya produk-produk kecantikan seperti shampoo/creambath yang
dapat mengancam pangsa pasar salon.
·
Jenis dan merek pewarnaan rambut yang beredar luas dipasaran yang dapat mengancam pangsa pasar salon.
We are a legal organization created to assist People in need of help, such as financial assistance.
BalasHapusSo if you or you are in financial trouble in financial turmoil, and you need money to start your own business, or you need a loan to pay off your debt or pay your bills, start a good business, or have borrowed more Trouble from local banks, contact us today via Email: at catherinewilliamloancompany@gmail.com
Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com
Loan applications include:
Name: _________
Address: _________
Country: _________
Ocupation: _________
Amount of Loan Needed: __________
Purpose of Loan _________
loan duration__________
Monthly earnings: _________
Telephone: _________
Please contact us by e-mail
Email us: catherinewilliamloancompany@gmail.com