Senin, 15 Juli 2013

ENTREPRENEUR>>>>PELAYANAN YANG PRIMA AGAR MEMUASKAN PELANGGAN SERTA KIAT-KIAT MENCARI DAN MEMPERTAHANKAN PELANGGAN


-->




BENTUK PELAYANAN DI UNIT SAUDARA AGAR MEMUASKAN PELANGGAN
STUDI KASUS DI OUTLET PELAYANAN JASA SERVICE HEADPHONE
‘’MARCK CELL’’
Jalan Wawalintoan Pasar Atas Tondano,tlpn 081344777717
Pelayanan prima biasanya berhubungan erat dengan bisnis jasa pelayanan yang dilakukan dalamupaya untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pelanggan ataukonsumen, sehingga pelanggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik danbenar.
Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga merupakan strategi dalam rangkamemenangkan persaingan. Akan tetapi tidak cukup hanya memberikan rasa puas dan perhatianterhadap pelanggan saja, lebih dari itu adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan,sehingga dapat menimbulkan kesan positif dari pelanggan. Pelayanan prima hasus ditunjang oleh kualitas sumber daya manusia yang handal, mempunyai visiyang jauh ke depan dan dapat mengembangkan strategi dan kiat pelayanan prima yang mempunyaikeunggulan.
Di samping itu, harus diupayakan terus menerus untuk meningkatkan kemampuan para petugaspelayanan agar dapat menumbuhkan dedikasi dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepadapelanggan untuk tetap setia menggunakan produk barang dan jasa kita, tanpa sempat lagi melirikatau memakai produk lain.Betapa pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan karena keberhasilan pelayanan primadapat juga menimbulkan hal-hal sebagai berikut:
1.      Pelayanan prima dapat menimbulkan keputusan pihak pelanggan untuk segera membeli produk yang kita tawarkan pada saat itu juga.
2.      Pelayanan prima dapat menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhdap produk kita.
3.      pelayanan prima diharapkan dapat mempertahankan pelanggan agar tetap loyal (setia)menggunakan produk kita.
4.      Pelayanan prima diharapkan dapat mendorong pelanggan untuk kembali lagi membeli produk kita.
5.      Pelayanan prima dapat menghindarkan terjadinya tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang tidakperlu.
Konsep Dasar Pelayanan Prima
Ada tiga konsep dasar (A3) yang harus diperhatikan dalam mewujudkan pelayanan prima, yakni:
a.      Konsep sikap (attitude)
Keberhasilan bisnis industri jasa pelayanan akan sangat tergantung pada orang-orang yang terlibat didalamnya.Sikap pelayanan yang diharapkan tertanam pada diri para karyawan adalah sikap yang baik, ramah,penuh simpatik, dan mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap perusahaan. Jika kalian menjadikaryawan suatu perusahaan, sikap kalian akan menggambarkan perusahaan kalian. Kalian akanmewakili citra perusahaan baik secara langsung atau tidak langsung. Pelanggan akan menilaiperusahaan dari kesan pertama dalam berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalamperusahaan tersebut.
 Sikap yang diharapkan berdasarkan konsep pelayanan prima adalah:
1) Sikap pelayanan prima berarti mempunyai rasa kebanggaan terhadap pekerjaan
2) Memiliki pengabdian yang besar terhadap pekerjaan
3) Senantiasa menjaga martabat dan nama baik perusahaan
4) Sikap pelayanan prima adalah: “benar atau salah tetap perusahaan saya “(right or wrong is mycorporate)
b.    Konsep perhatian (attention)
Dalam melakukan kegiatan layanan, seorang petugas pada perusahaan industri jasa pelayanan harussenantiasa memperhatikan dan mencermati keinginan pelanggan. Apabila pelanggan sudahmenunjukkan minat untuk membeli suatu barang/jasa yang kita tawarkan, segera saja layanipelanggan tersebut dan tawarkan bantuan, sehingga pelanggan merasa puas dan terpenuhikeinginannya.
Hal-hal lain yang perlu diperhatikan menyangkut bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep perhatian adalah sebagai berikut:
1) Mengucapkan salam pembuka pembicaraan.
2) Menanyakan apa saja keinginan pelanggan.
3) Mendengarkan dan memahami keinginan pelanggan.
4) Melayani pelanggan dengan cepat, tepat dan ramah
5) Menempatkan kepentingan pelanggan pada nomor urut 1.

c.  Konsep tindakan (action)
Pada konsep perhatian, pelanggan “menunjukkan minat” untuk membeli produk yang kita tawarkan.Pada konsep tindakan pelanggan sudah ”menjatuhkan pilihan” untuk membeli produk yang diinginkannya.Terciptanya proses komunikasi pada konsep tindakan ini merupakan tanggapan terhadap pelangganyang telah menjatuhkan pilihannya, sehingga terjadilah transaksi jual-beli.Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep tindakan adalah sebagai berikut:
1)             Segera mencatat pesanan pelanggan
2)       Menegaskan kembali kebutuhan/pesanan pelanggan.
3)      Menyelesaikan transaksi pembayaran pesanan pelanggan
4)      Mengucapkan terimakasih diiringi harapan pelanggan akan kembali lagi.

Penerapan prinsip-prinsip pelayanan prima bertujuan untuk meningkatkan pelayanan padapelanggan atau konsumen agar lebih maksimal dan berhasil. Jadi, penerapan prinsip-prinsip tersebutmerupakan tujuan utama dari pencapaian pelayanan. Prinsip pelayanan prima diperlukan untukmengatur langkah-langkah, cara-cara atau strategi dalam menjalankan fungsi perusahaan atauorganisasi untuk melayani pelanggannya.
Di dalam prinsip pelayanan prima biasanya terdapat suatu target yang ingin dicapai. Hasil-hasil yangingin dicapai itu dapat berupa meningkatnya kepuasan pelanggan , pelanggan-pelanggan yang potensial dan menguntungkan dapat dipertahankan, meningkatnya jumlah pelanggan-pelangganyang loyal, mendapatkan pelanggan baru, dan tercapainya konsep pelayanan prima yang dijadikansebagai tujuan utama dari suatu perusahaan atau organisasi.
Apakah prinsip itu?Prinsip dapat diartikan sebagai suatu pernyataan fundamental atau kebenaranumum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untukberpikir atau bertindak. Sebuah prinsip merupakan roh dari sebuah perkembangan ataupunperubahan, dan merupakan akumulasi dari pengalaman ataupun pemaknaan oleh sebuah obyekatau subyek tertentu.
Prinsip pelayanan prima dalam kegiatan pemasaran dapat dipahami sebagai suatu pedoman bagiperusahaan atau organisasi untuk melaksanakan suatu kegiatan pelayanan prima yang inginditerapkan pada para pelanggan atau konsumen yang ingin dicapainya. Melalui prinsip pelayananprima ini, suatu perusahaan maupun organisasi akan diarahkan pada pencapaian tujuan yanghendak dicapainya, terutama dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat khususnyapada para pelanggan.Layanan prima adalah kemampuan maksimum seorang melalui sentuhan kemanusiaan dalammelayani atau berhubungan dengan orang lain.
Layanan prima juga dapat berarti upaya maksimum yang mampu diberikan oleh perusahaan jasapelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mencapai suatu tingkat kepuasantertentu, serta memberikan pelayanan secara prima kepada para pelanggan dengan tujuan untukmemenangi persaingan.
Tujuan pelayanan prima
1. Untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan
2. Untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan
3. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang dan jasa yangditawarkan.
Konsep dasar pelayanan prima
1)     Konsep sikap
Sikap pelayanan yang diharapkan tertanam pada diri pelanggan adalah baik, ramah, penuh simpatikdan mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap perusahaan
2)      Konsep perhatian
Dalam melakukan kegiatan layanan, seorang petugas pada perusahaan industry jasa pelayananharus senantiasa memperhatikan dan mencermati keinginan pelanggan
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen
 Pengertian Pelayanan dan Jasa
Dalam hal pelayanan sering kali terkait unsur jasa. Sehingga pelayanan sering pula disebut sebagai jasa, yaitu jasa pelayanan pada prinsipnya, kata pelayanan dapat mengandung arti memberikan fasilitas, pelayanan sangat berhubungan dengar, kemampuan untuk memberikan sesuatu kepada orang lain agar dapat menimbulkan simpatik bagi orang tersebut. Menurut Winardi (1994:40) pengertian pelayanan adalah "sesuatu kegiatan atau aktivitas jasa yang diselenggarakan oleh seseorang atau kelompok orang pada orang
lain ”.Dari pengertian itu dapat disimpulkan bahwa pelayanan merupakan suatu kegiatan yang berorientasi kepada konsumen, dengan tujuan memberikan manfaat kepada pihak lain yang dilakukan dengan jalan menyelenggarakan jasa perorangan tertentu, misalnya jasa Pengacara, Konsultan Perbankan, Dokter dan lain sebagai.
Baduara dan Sirait (1984 : 11 ) menjelaskan bahwa pelayanan atau servis mengandung Esensi, ‘berikan servis (pelayanan ) dengan kualitas (mutu) yang terbaik bagi langganan anda, sehingga pemasaran akan tampil didepan anda”
Selanjutnya menurut Kotler (1995:548) jasa/pelayanan adalah “ setiap tinda-kan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun'
Berdasarkan pengertian-pengertian dari atas maka jasa/pelayanan merupakan suatu kinerja penampilan, tidak berwujud dan cepat hilang, tidak dapat dirasakan dari pada dimiliki, konsumen lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut.
Karekteristik Jasa
Menurut Kotler (2000:488) jasa memiliki empat (4) karekteristik yaitu sebagai berikut ;
a.       Tidak berwujud (Intebgibility)
Suatu jasa mempunyai sifat tidak berwujud, tidak seperti halnya produk fisik, jasa, tidak dapat di lihat,di raba, di dengar, atau di cium sebelum jasa itu dibeli. Oleh karena itu, tugas penyedia jasa adalah untuk mewujudkan yang tidak berwujud.
b.      Tidak dapat dipisahkan (Inseparability )
Pada umumnya jasa yang dihasilkan dan dikonsumsikan secara bersamaan. Tidak seperti barang fisik yang diproduksi, disimpan dalam persedian, di distribusikan melalui berbagai penjual, dan kemudian baru dikonsumsikan. Jika sesorang memberikan pelayanan, maka penyedianya merupakan bagian dari itu.
c.       Bervariasi ( Variability )
Jasa senantiasa mengalami perubahan, tergantung dari siapa penyedia jasa, penerimaam jasa dan kondisi dimana jasa tersebut diberikan.
d.      Tidak tahan lama (Perishability)
Jasa tidak dapat disimpan, jasa hanya dapat dirasakan pada saat jasa itu dibeli. Jasa yang tidak terjual Akan berlalu/hilang begitu saja karena tidak- bias di simpan untuk di pergunakan pada lain waktu.
sedangakan Leonnard L Berry (Buchari alama :2000:205 ) mengemukakan tiga karekteristik jasa :
Lebih bersifat tidak berwujud dari pada berwujud (More Intangible Than Tangible)
Produksi dan konsumsi bersamaan waktu (Simultanneons Production and Tangible )
Kurang memiliki standard dan keseragaman (Less Standar Dized and Uniform)
Kemudian menurut Murti Sumarni (1993 :43 ), jasa memiliki empat karekteristik yaitu :
Tidak Berwujud
Jasa tidak nampak, tidak dapat dicicipi sebelum dik-onsumsik-ar, dan meningkatkan kewujudan jasa dengan cars lebih memperlihatkan manfaat jasa tersebut
Tidak dapat dipisahkan/ diwakilkan
Jasa akan selalu "melekat ' pada sumbemya atau pada penjualnya.
Tidak tahan lama
Maksud tidak tahan lama artinya jasa tidak dapat di simpan untuk persediaan seperti halnya produk fisik. Jasa akan mempunyai nilai disaat pembeli jasa membutuhkan pelayanan.
Keragamanan
Jasa tergantung pada siapa yang menylediakannya, kapan waktu pelayanannya dan dimana tempat dibutuhkan layanan tersebut.
Jadi jasa relative tidak berwwjud, hitorogen, diproduksi dan dikonsumsi secara serempak, dan kurang di standarisasikan. Karekteristik jasa yang unik ini akibanya memberikan tantangan khusus bagi pihak pemberi jasa atau pihak pemasar jasa pada perusahaan.
Dari kesemua unsur tadi, Jasa erat kaitanya dengan lingkungan fisik, dimana jasa yang dibeli umumnya memberikan kesempatan penting untuk memberitahukan cerita
jasa benar-benar mengenai jasa yang diberikan. Dalam hal ini pemasar jasa biasanya berada dalam posisi untuk mempertajam. lingkungan spesifikasinya karenanya mereka mendistribusikan jasa yang mereka hasilkan.
Selanjutnya menurut Stanton, Ettzel, Walker (1991 :489
Intangibility
Karena jasa tidak berwujud, mustahil bagi konsumen untuk mengambil contoh, merasai, mencicipi, melihat, mendengar, mencium jasa sebelum membelinya. Akibatnya program promosi perusahaan harus lebih melukiskan manfaat yang diberikan dari jasa. tersebut.
Inseparability
Jasa pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari penjualf pencipta jasa.lagi pula banyak jasa diciptakan, disalurkan dan dikonsumsikan secara serempak.
Heterogeneity
Mustahil bagi industri jasa atau bahkan penjual jasa industri untuk menstandarisaikan output masing-masing unit. Jasa adalah berbeda dari unit-unit lainya.
Perishability and fluctuating demand
Jasa mudah lenyap, tidak bias disimpan, selanjutnya pasar untuk jasa berfluktuasif menurut musim, menurut hari-hari dalam seminggu dan menurut jam dalam sehari.
Kesimpulanya adalah sifat jasa pada umunya tidak berwujud dan beragam bentuknya, sehingga sulit untuk di standarisasikan. Tidak tahan lama, maksudnya bentuk jasa berubah-rubah menurut musim,waktu, tempat, keadaan, sebagainya. Oleh karena itu pihak pemberi jasa harus memperhatikan beberapa unsur penting yang terkait dengan konsumen pemakai jasa, karena penilaian terhadap jasa oleh konsumen bersifat subjektif, dan informasi mengalir secara interpersonal.

Kualitas Pelayanan
Kualitas atau mutu adalah suatu kata yang bagi penyedia jasa merupakan sesuatu yang harus dikerjakan dengan bailk. Aplikasi kualitas sebagai sifat dari penampilan produk atau kierjanya merupakan bagian utama strateginya perusahaan dalam rangka meraih keunggulan yang bersinambungan.
Keunggulan suatu produk jasa adalah tergantung dari keunikan Berta kualitas yang dihasilkan oleh jasa tersebut, apakah sudah sesuai dengan harapan dan keinginan konsumen.
Bergman dan Clefsjo (Agustinus, et, al. 2000 :2 ) mendefinisikan kualitas jasa sebgai '(The Obility of Produc Canticle Or Service ) to satisfy the need and expactiation of the customer.
Selanjutnya Barry Zeithhmal dan Parusaraman Agustinus, et, al 2000:2 ) berpendapat bahwa "Customer are the sole judgle of service quality" dari duo definisi ini mengandung pengertian yang mengutamakan pelanggan. Definisi Kualitas menurut pelangganlah yang perlu diperhatikan. Hal ini merupakan langkah penting dalarn rangka mernastik-an bahwa jasa yang ditawarkan adalah standar jasa yang diminta atau yang diharapkan oleh pelanggan.(Costumer Needs and Customer Expactiations) dengan demikian pelanggan adalah pihak yang paling penting dalam hubungan pembeli dan penjual. Pelanggan mempunyai kekuasaan yang sangat besar, terutama kekuasaan untuk menotak (rejeck).
Kemudian, Kualitas Pelayanan menurut Gaspersz (1997 :2 ) harus terdapat beberapa dimensi atau atribut yang harus di perhatikan dalam kualitas pelayanan 1.      Ketetapan waktu dalam  pelayanan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan disini berkaitan dengan waktu tunggu dan waktu proses.
2.      Akurasi pelayanan
Yang berkaitan dengan realibilitas pelayanan dan babas kesalahan-kesalahan.
3.      Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan terutama basi mereka
yang berinteraksi lansung dengan pelanggan eksternal, citra pelayanann dari indudustri jasa sangat di pengaruhi oleh orang-orang  dari perusahaan yang berada pads garis depan dalam melayani langsung pelanggan eksternal.
4.      Tanggung jawab.
Berkaitan dengan penerimaan pesanaan dan penanganan keluhan dari pelanggan eksternal.
5.      Kelengkapan.
Menyangkut lingkup pelayanan dan tersedian sarana pendukung, Berta pelayanan komplemeter lainya.
6.      Kemudahan mendapatkan pelayanan.
Berkaitan dengan banyak outlet, banyaknya petugas yang melayani fasilitas pendukung seperti komputer untuk memproses data lain-lain.
7.      Variasi model pelayanan
Berkaitan dengan inovasi usaha memberikan pola-pola barn dalam pelayanan,       features dari pelayanan, dan lain-lain.
8.      Pelayanan pribadi
Freksibilitasv pemesanan permintaan khusus dan lain-lain.
9.      Kenyaman dalam memperoleh palayanan, berkaitan dengan lokasi, rugi tempat pelayanan, kemudahan menjangkau, tempat parker kendaraan,tersedianya informasi, petujuk-petunjuk dan bentuk-bentuk lain.
10.  Atribut pendukung pelayanan lainya.
Seperti : lingkungan, kebersihan, ruang tunggu, fasilitas musik, AC dan lain-lain.
Kemudian Wyckop dalam Loveloct, 1998 juga menyatakan untuk memenuhi kepuasan pelanggan pada industri jasa, kualitas pelayanan sangat penting di kelola perusahaan dengan baik. Kualitas Pelayaan merupakan tingkat keunggulan yang diterapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kualitas pelayanan -sangat penting pada industri jasa yang memerlukan suatu tingkat keunggulan yang melalui peningkatan kualitas pelayanan.
Kunci untuk memberikan Kualitas Pelayanan yang lebih baik adalah memenuhi atau melebihi ekspektasi kualitas pelayaana pelanggan sasaran.kualitas pelayanan di gambarkan sebagai suatu pernyataan tentang sikap, hubungan yang dihasilkan dari perbandingan dari ekspektasi dengan kinerja. Komponen kualitas pelayanan total terdiri dari tiga (butt da Spech, 1992 di kutip dari M sulistyo, 1998, yaitu :
1.      Kulaitas tennis yaitu komponen yang berkaitan dengan kualitas output jasa yang diteriman pelanggan. Menurut parajuraman,Zeithamn, berry dalam N Bojanic, 1991 kualitas teknik dapat di perincikan lagi menjadi :
·         Kualitas pencarian, yaitu kualitas yang dapat di evaluasi pelanggan sebelum membeli.
·         Kualitas pengalaman, yaitu kulaitas yang hanya bias dievaluasi pelanggan setelah membeli atau mengkonsumsi jasa.
·         Kualitas kepercayaan, yaitu kualitas yang suka di evaluasi pelanggan meskipun telah menggunakan jasa. tersebut.
2.      Kualitas fungsioanal, yaitu komponen yang berkaitan dengan kualitas cara penyampaian jasa.
3.      Citra korporat, yaitu profit, reputasi,citra utama dan days tarik perusahaan.
Kemudian beberapa dimensi kualitas pelayanan tanah dikembangkan oleh beberapa penulis seperti, Stamatis 1996 yang menemukan tujuh dimensi Kualitas Pelayanan yang biasanya di terapkan pads industri jasa yaitu ;
Fungsi (Function ) kinerja primer yang dituntut dari suatu jasa
Karekteristik atau cirri tambahan (Features) kinerja yang diharapkan.
Kesesuaian (Conformance ) kepuasan yang didasarkan pads pemenuhan persyaratan yang telah ditetapkan.
Keandalan (Reliability) kepercayaar, terhadap jasa dalam kaitanya dengan waktu.
Kemampuan pelayanan (Serviceability) kemampuan untuk melakukan perbaikan apabila terjadi kekeliruan
Estetika (Aestheties) pengalaman pelanggan yang berkaitan dengan perasaan dan panca indra.
Dan selanjutnya Gramonoos, dalam Eduarssan, dkk 1994, mengemukaan tiga pikiran kriteria pokok dalam menilai kualitas pelayanan, yaitu berhubungan dengan :
·         dengan basil (Outcome Related)
·         Berhubungan Berhubungan dengan proses (Process Related)
·         Berhubungan dengan kesan Kesan (Image Related )

 Mengelola Kualitas Pelayanan.
Suatu cara utama membedakan sebuah perusahaan jasa adalah memberikan jasa dengan kualitas yang lebih tinggi dari pesaing secara konsisten. Apabila kualitas jasa yang diterima oleh konsumen lebih baik atau sama dengan yang ia banyangkan, maka ia cenderung akan mecoba kembali. Harapan pelanggan dibentuk oleh pengalaman mass lalunya, pembicaraan dari mulct kemulut (Word of Mouth), serta promosi yang dilakukan oleh perusahaan, kemudian membandingkannya.
Parasuraman, Zeitahml-dan Berry dalam buku Kotler (2000 :498) Mem-bentuk model kualitas jasa yang menyoroti svarat-syarat utama dalam memberikan kualitas jasa yang tinggi. Adapun model tersebut menjelaskan adanya lima kensenjangan yang dapat menimbulkan kegagalan penyampaian jasa yaitu :
1.      Kesenjangan antara harapan konsumen dan persepsi manajemen. Manajemen tidak selalu memahami benar apa yang menjadi keinginan pelanggan.
2.      Kesenjangan antara persepsi manajemen dan spesifikasi kualitas jasa. Manajemen mungkin memahami secara tepat keinginan pelanggan tetapi tidak menetapkan suatu kumpulan standar kinerja tertentu
3.      Kesenjangan antara spesifikasi mutu jasa dan penjampaian jasa. Para petugas mungkin kurang terlatih, tidak mampu atau tidak mau memenuhi standar.
4.      Kesenjangan antara penyampaian jasa dan komunikasi eksternal. Harapan konsumen di pengaruhi oleh pernyataan yang dibuat pars petugas perusahaan dan Man perusahaan.
5.      Kesenjangan antara jasa yang dialami dan jasa yang diharapkan.kesenjangan itu terjadi bila pelanggan memiliki persepsi yang keliru tentang mutu jasa tersebut.
BAB 2                      I S I
TUGAS KELOMPOK 3
^ Bagaimanakah seharusnya bentuk     Pelayanan  diunit saudara agar memuaskan pelanggan ?...

^Dari kelompok 3,kami melaksanakan studi kasus di outlet ‘’MARCK CELL”alamat wawlintouan pasar atas Tondano.Di conter ini memberikan pelayanan konsumen dengan meyediakan asessories dan sparepart headphone semua type headphone,serta pelayanan service jasa (kerusakan headphone baik software maupun hardware).
Bentuk pelayanan prima di outlet ini agar dapat memuaskan pelanggan/konsumen :
>>Untuk pembelian Asessories
1.Penyediaan Asessories seperti T/C atau carger,battrei,anti gores,H/F,C/S, BB,Nokia,china,SE,dan Samsung.outlet ini meneydiakan dengan type KW dan original dengan harga yang kompetitif atau mudah dijangkau.
2.Penyediaan casing fullest untuk blackberry dengan berbagai pilihan warna,+ongkos pasang yang free..
3.Setiap pembelian asessories untuk semua type dengan jumlah lebih dari 3 diberikan discount 1 item sesuai dengan jenis barang.
4.Khusus untuk pembelian battrei yang original smua type,diberikan  kartu garansi selama 6 bulan.dan ketika sebelum 6 bulan terdapat trouble,maka barang tersebut bisaa ditukar kembali,dengan catatan tidak ada kesalahan dri kosumen at hp yang digunakan rusak.
5.Semua asessories yang dijual,dijamin akan kualitas dan mutunya.



>> Untuk Pelayanan Sparepart
1.Penyediaan sparepart hp seperti Lcd,flexsibel,ic,keytone,trackpeat,treakball,conector cars,dll.semua jenis headphone.
2.untuk penjualan sparepart hp, outlet Marck cell,dikhususkan untuk teknisi hp yang bisa membeli langsung di outlet ini,strategi ini digunakan  agar teknisi hp yang berada di seputaran tondano,tidak perlu pergi ke manado contoh IT Center.
3.Penyediaan sparepart yang berkualitas,dengan harga terjangkau,dan bisa ditukar kembali apabila ketika dipasang mengalami masalah,dan dari pihak Marck cell memberikan tanda seperti steaker pembelian di setiap sparepart seperti Lcd.
4.Bagi teknisi yang ingin mengambil barang dalam jumlah yang besar akan adaa potongan harga.


>> Untuk Pelayanan Service.
1.Outlet Marck cell,Menyediakan service yang berkualitas dan bergaransi.
2.Pelayanan service diutamakan adalah kepercayaan konsumen,dimana conter ini memberikan service yang memuaskan,apabila konsumen menservice hp kemudian berselang beberapa hari mengalami trouble,maka hp bisa dibawa/disservice  kembali tanpa dipungut biaya.dengan catatan tidak ada kesalahan dari konsumen seperti dilempar atau kena air.
3.Untuk konsumen yang sudah menjadi langganan tetap diberikan keringanan/potongan harga service diluar alat/sparepart yang akan diganti.
4.Marck Cell,memberikan service baik hardware dan software.
Khusus untuk software Outlet ini menyediakan software hp blackberry,china ,SE dan Samsung androit,dengan menggunakan peralatan yang lengkap seperti box MCN,SPADERMEN,SE TOOL,MTK BOX,MCN LIKE,HWK UFS,HTI FLESSER,DAN PRIUS GOLD.
Khusus hardware outlet ini menggunakan peralatan lengkap seprti solder uap,power suplay,tester,sedotan,timah,flux,dll dengan peralatan elektronik  pendukung lainnya seperti laptop,personal computer dll.
Dan yang paling utama adalah penyedian/tersedianya SDM atau teknisi yang professional baik hardware maupun software,yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun serta adanya sertifikat teknisi yang profesional dibidangnya.
Di outlet Marck Cell ini terdapat 3 teknisi,diantaranya yang satu menagani software headphone,yang satunya lagi menagani aplikasi,serta yang satu menangani hardware.untuk pelayanan pembelian sparepart dan asessories ditangani oleh 1 orang spg.

Pelayanan Prima pendukung lainya yaitu,cara tata krama’ atau etika dan kesopanan dalam menyapa pelanggan,Sebagai jalur awal untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.
Kesemuanya ini adalah bentuk Pelayanan Prima dari Outlet ‘’Marck Cell’’.
‘’Pelanggan adalah Raja bagi kami.
‘’Pelanggan adalah bagian dari kami.
‘’Kami ada karena Pelaggan.
‘’Pelanggan yang Memberikan kontribusi besar bagi usaha kami,oleh karena itu kami berusaha keras untuk memberikan pelayanan terbaik kami kesemuanya itu untuk KEPUASAN PELANGGAN.

BENTUK PELAYANAN DI UNIT SAUDARA AGAR MEMUASKAN PELANGGAN STUDI KASUS DI OUTLET PELAYANAN JASA SERVICE HEADPHONE ‘’MARCK CELL’’
Laporan Kelompok 3
PERTANYAAN
1.Bagaimana memperhatikan pelanggan agar tetap setia,pada produk yang ditawarkan.Apa saja yang ditawarkan Marck Cell agar pelanggan tetap setia?....
    Nama Penanya:Prilly.Kumowal
    Jawab oleh:Ereine.Lovihan
    Hal yang dilakukan oleh outlet Marck Cell agar pelanggan tetap setia pada produk yang ditawarkan yaitu:Memberikan pelayanan prima baik dari penyediaan asesories yang lengkap dan memiliki mutu/kualitas yang baik,memberikangaransi untuk pembelian battrei yang original,serta service headphone yang melayani hardware dan software yang mengutamakan kepercayaan dri pelanggan dengan pelayanan service dengan sparepart yang lengkap serta service yang bergaransi dengan catatan diluar kelalian pelanggan.selain hal-hal yang bersifat tejhnis Marck Cell juaga memberikan pelayanan prima untuk komunikasi tata cara bicara yang sopan untuk menarik pelanggan agar pelanggan merasa nyaman dengan layanan yang diberikan
2.Rencana Antisipasi yang akan anda lakukan bila peristiwa tak terduga berikut terjadi ;
~Kerusakan system penyampaian pelanggan (telepon)
~Kehabisan persediaan yang dibutuhkan(sparepart/asessories)
~Ramainya jumlah pelanggan sedangkan jumlah karyawan terbatas
~Pelanggan berbohong mengaku-ngaku sudah membayar padahal kenyataannya belum.
    Nama Penanya:Monika .Leong
    Dijawab Oleh :Pricilia.Mowilos
  Rencana antisipasi yang akan Kami lakukan Marck Cell
 ~Kerusakan system penyampaian pelanggan (telepon)
   Dari kami pihak Marck Cell,antisipasi yang akan kami lakukan menanggapi masalah ini dan cara ini sudah kami jalankan saat ini yaitu:Persediaan Headphone dan no service yang baik dengan kualitas mic,speaker serta signal yang baik agar tidak terjadi kendala2 diatas diakbtkan hp rusak atupn signal yag tidak stabil.serta battrei yang disediankan kurang lebih 3biji agar ketika battrei yang satu habis ada battrei pengganti lainnya,
~Kehabisan persediaan yang dibutuhkan (sparepart dan asessories)
Cara yang kami lakukan dari Marck Cell yaitu menyediakan stock yang up to date serta stock barang yang lebih misallya untuk jangka waktu perbulan unit.

-->
PRICILIA.TH.MOWILOS
10 311 012
ADMINISTRASI PERKANTORAN
OUTLET ‘’MARCK CELL’’ASESSORIES,SPAREPART & SERVICE HEADPHONE
KIAT-KIAT  YANG ANDA LAKUKAN UNTUK MENCARI PELANGGAN
Pada Tahap awal ketika usaha Marck Cell masih belum berkembang seperti saat ini,usaha yang dilakukan untuk dapat menarik pelanggan yaitu:
1.Untuk dapat mencari pelanggan,hal yang utama yang harus dilakukan yaitu tampilan atau tempat usaha anda haruslah menarik perhatian/ tempatnya harus strategis,berada di keramaian,serta tampilan indoor dan outdor haruslah dibuat menarik perhatian pelanggan,untuk mau singgah ditempat usaha anda.
2.Menyebarkan poster atau iklan,untuk dapat memperkenalkan tempat usaha anda,hal-hal apa atau layanan apa  saja yang anda berikan pada usaha anda.Untuk dapat menarik perhatian rangkailah kata-kata yang menarik pelanggan misalnya service yang bergaransi atau biaya yang kompetitif/mudah dijangkau.
3.Agar usaha yang anda geluti,dikenal orang berikanlah service yang memuaskan pelanggan,dengan pelayanan yang prima.misalnya service yang bergaransi,asessories yang biasa ditukar bila rusak sesuai dengan ketentuan tanpa lecet atau dibanting(Battrei yang original yang ada tanda garansi),harga yang mudah dijangkau berbagai kalangan.
4.Setiap usaha pasti ada pasang surutnya,olehkarena itu seorang wirausaha haruslah tekun,dan tidak mudah menyerah,ketika menghadapi kurangnya pengunjung,jaganlah mudah putus asa dan tidak lagi membuka tempat usaha anda,tetapi selalu membukanya agar pelanggan mengenal tempat anda.
5.Berikanlah promosi anda lewat orang ke orang atau pelanggan ke pelanggan,karena promosi ini lebih manjur daripada kita memberikan selebaran atau iklan.Dengan anda memberikan service/pelayanan yang memuaskan maka orang akan cepat mengenal tempat usaha anda.
6.Sapalah pelanggan dengan sopan dan ramah,cara komunikasi anda yang baik,serta mampu mempengaruhi seseorang berusaha untuk dapat menarik perhatian untuk dapat membeli produk anda adalah cara yang paling baik untuk menarik pelanggan agar dapat membeli/menerima tawaran yang anda berikan.
7.Setiap pelanggan yang berkunjung atau ingin membeli/menservice hp,sambil menunggu headphonenya selesai atau memilih-milih barang/asessories yang diinginkan,berikanlah suguhan/cemilan sederhana misalnya diberikan Aqua atau permen,ini dilakukan untuk mengusik rasa jenuh dari pelanggan karena mungkin lama menunggu dan lain sebagainya,perhatian sekecil ini akan memberi penilaian tersendiri bagi pelanggan.

KIAT-KIAT YANG ANDA LAKUKAN UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN
Dioutlet Marck Cell,cara-cara yang dilakukan untuk dapat mempertahankan pelanggan yaitu :
1.Pelanggan yang sudah menjadi langanan tetap Marck Cell menjadi prioritas kami atau mempertahankan agar pelanggan ini tidak lari ketempat lain,hal ini menjadi tugas penting bagi kami,dengan kelebihan dan kekurangan yang ada akan tetapi dengan kerja keras kami berusaha menjadi yang terbaik untuk pelanggan kami.
2.Memberikan service yang memuaskan,dengan harga yang lebih kurang sedikit dengan harga sebenarnya misalnya software bb gemmini 8520+full aplikasi
 Rp 100.000bagi yang sudah menjadi pelanggan tetap kami diberikan potongan harga yaitu menjadi Rp 80.000 begitu seterusnya untuk setiap kerusakan diberikan potongan harga bagi yang sudah menjadi pelanggan tetap kami,serta untuk pembelian asessories seperti battrei ori/biasa,L/C semua type hp,Casing nokia,H/F DLL.
3.Service yang bergaransi,dengan ketentuan tidak ada kelalaian dari pelanggan misalnya dibantik/dilempar,kena air,dan sebagainya ,yang kerusakanya disebabkan oleh kelalaian pelanggan sendiri.Apabila tidak ada kelaialian dr pelanggan maka kami memberikan service yang bergaransi bila terjadi kerusakan akan disservice kembali tanpa dikenakan biaya.
4.Untuk menjaga hubugan yang baik kami menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan pelanggan kami.komunikasi yang ramah,megajak bicara,menanyakan apa yang ia inginkan,dan berusahalah untuk menjadi teman bicara yang baik.
5.Service di Marck Cell terbuka tempatnya,dengan kondisi yang memungkinkan pelanggan dapat melihat langsung tempat kerja hp yang diperbaikinya.Ini dilakukan untuk membangun kepercayaan kepada pelanggan.
6.Untuk membuat pelanggan agar tidak lama menunggu headphone diservice ,maka dari Marck Cell memberikan service yang cepat atau bila kerusakan hanya kecil,bias ditunggu.Jika dimungkinkan hp yang disservice harus diganti alatnyamaka kami membrikan pilihan agar bisa diambil besok sambil menunggu alatnya datang.Meskipun terkadang sparepart yang ada sering kali tidak ada dikarenakan kendala terlalu bayanknya jenis hp yang keluar misalnya hp cina dengan berbagai type hingga memungkinkan kami untuk memilih-milih sparepart mana yang harus dipesan dengan tuntutan yang byk pula.
7.Untuk membuat barang anda selalu berputar,pelanggan tetap adalah yang menjadi promosi awal anda,misalnya ketika masuk barang baru anda haruslah menawarkan barang tersebut kepada pelanggan anda misalnya masuk barang cape/dase atau pembungkus hp dengan berbagai model dan variasi baru tawarkanlah kepada pelanggan anda,untuk urusan mau beli atau tidak,tidak menjadi masalah yang penting kita telah berusaha untuk dapat memperkenalkan barang tersebut kepada pelanggan.Apabila ia tertarik  maka berikanlah harga potongan untuk dia,dan komunikasikan hal-hal yang menarik kepadanya mengenai barang anda tawarkan  untuk dapat ia informasikan kepada keluarga dan temannya.
8.Kepercayaan adalah modal besar kami dengan pelanggan,karena dengan kepercayaan pelanggan, kami berusaha untuk dapat memuaskan pelanggan kami dengan memberikan pelayanan yang prima,dengan menjaga kondisi hp sebelum dan sesudah diperbaiki dalam keadaan baik dan bersih,tidak ditukar-tukar segala sesuatu yang ada didalamnya masih tetap original kecuali ada alat yang memang harus diganti,kami berusaha untuk jujur tidak berbuat curang untuk dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan.



By Pricilia Theovani Mowilos


Tidak ada komentar:

Posting Komentar